Masjid

Assalamu'alaikum Wr Wb

Sudah menjadi tradisi disetiap awal bulan Ramadan masjid penuh dengan jamaah, tetapi pertengahan Ramadan apalagi akhir Ramadan berakhir pula makmurnya jamaah di masjid. Ini terjadi karena umat di negeri ini belum memahami dengan baik dan benar tentang betapa utamanya berjamaah di masjid.

Pertama: Masjid adalah Baitullah atau rumah Allah (QS An-Nur: 36)

Allah pun berfirman “RumahKu dimuka bumi adalah masjid, para kekasihKu adalah mereka yang memakmurkan rumahKu. Barang siapa yang ingin berjumpa denganKu hendaklah ia datang ke rumahKu, sungguh wajib bagi tuan rumah menghormati para tamunya.”(Hadis Kutsi).

Karena itulah azan bukan panggilan muazin, tapi panggilan Allah Kekasih untuk para kekasihNya.

Kedua: Masjid rumah Rasulullah SAW

Ketika beliau sakit menjelang akhir hayat beliau, tatkala mendengar azan Bilal, beliau berkata kepada Saidah Aisyah RA, antarkan aku ke rumahku!. Saidah Aisyah keheranan dan seraya bertanya “Bukankah ini rumah engkau wahai kekasih Allah?" Rasulullah menjawab, “Tidak, rumahku adalah masjid”.

Kesempatan lain pun beliau bersabda: “Seandainya umatku mengetahui keutamaan salat berjamaah di masjid merangkak pun mereka tetap salat berjamaah di masjid” (Muttafaqun ‘Alaiha).

Ketiga: Masjid rumah malaikat-malaikat Allah.

Istana saja ada penjaganya apalagi masjid, para Malaikat itu mendoakan dan mengaminkan doa mereka yang memakmurkan masjid ( HR Ahmad).

Keempat: Mesjid adalah rumah orang-orang mukmin.

Setiap makhluk ada rumahnya, dan rumah orang beriman adalah masjid. Simak dengan keimanan surat At-Taubah ayat 18 : “Sesungguhnya hanya hamba Allah yang benar-benar beriman kepada Allah dan benar-benar beriman pada Hari Akhirat, merekalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah”.

Sungguh mereka yang telah mendapat hidayah iman, walaupun rumahnya jauh dari masjid, gelap, dingin-dingin disertai hujan turun lebat tetap mereka berjamaah di masjid, tetapi kalau tidak mendapat hidayah iman, walau pun rumahnya dekat dengan masjid ia tetap saja tidak berjamaah di masjid.

Para sahabat pun dapat mengetahui orang-orang munafik di waktu Subuh, karena orang-orang munafik sangat berat salat berjamaah di masjid terutama di waktu Subuh (HR Bukhari).

Dengan demikian tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berjamaah di masjid, mari kita jadikan setiap bulan–bulan Ramadan bulan memakmurkan masjid.

Wassalamu'alaikum Wr Wb

(sumber: majelisazzikra.org)