Issu seputar dakwah

Tantangan jihad, syiar, dakwah, dari zaman nabi Adam ke Nabiyallah Muhammad, buanyak dan beragam. Demikian pula kepada kita, ummatnya. Utamanya yang berkecimpung di urusan dakwah. Tantangan, hambatan, akan selalu datang, dari atas, bawah, kanan, kiri, depan dan belakang. Termasuk dari arah yang tidak diduga. Kepada para jamaah, hendaknya doakan Pendakwah-pendakwah, Kyai-kyai, Ulama-ulama, dan penyeru-penyeru kebaikan.
Kepada para pelaku dakwah, agaknya senjata shalat malam yang lebih dipanjangkan, shubuh berjamaah di masjid, puasa, do'a-do'a, wirid-wirid, sedekah, dan ketulusan niat, akan menjaga diri kita dari segala macam bala yang sejatinya memang akan datang.
Dan insya Allah, hasbunallaah wa ni'mal wakiil, ni'mal maulaa wani'mannashier, laa hawla walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'adzhiem. Akan selalu ada Allah sebagai penolong kita semua. Akhirnya, kita semua berlindung dari fitnah dunia dan akhirat, fitnah semasa hidup dan setelah matinya kita, juga berlindung kepada Allah dari kezaliman orang-orang. Yaa qowiyyu yaa matiinu, ikfinaa syarrodz dzolimiin, wahai Yang Maha Kuat, Wahai Yang Maha Perkasa, sudahi keburukan orang-orang yang zalim, dan lindungi kami dari kezaliman-kezaliman. Amin.


sumber wisatahati.com